Lorenzo

Berita MotoGP : Alasan Lorenzo 'Letoy' di Sesi Latihan

Pemirsahh ....eh salah ...emangnya tipih ....
Pembaca yang ganteng-ganteng en narsis, nih ada berita tentang Jorge Lorenzo.

Jorge beberapa kali di musim ini sering geleng-geleng kepala sendiri akibat start yang jelek saat sesi latihan, yang akhirnya bukan menjadi jalan keluar di saat balapan.

Dan sungguh, kemenangan Lorenzo yang tujuh kali itu, menunjukkan pembalap Spanyol itu memimpin di setiap lap balapan sendiri.

Pola dari jeleknya saat latihan itu kemudian di ikuti dengan bagusnya saat balapan dimulai lebih kepada 'kebetulan'. Crash mencoba bertanya ke Tim Manajer, Wilco Zeelenberg apakah ini karena pengaruh dari kontrol peluncuran.

"Yeah .... Anda tahu Jorge spesial di area itu, karena dia mempertaruhkan segalanya untuk melakukan kesalahan start di sesi latihan, jadi itu seperti 'anti peluru' membuatnya bagus saat start di balapan sesungguhnya,” terang Zeelenberg.

adsence

“Contohnya dia membiarkan kopling terbuka terlalu cepat, jadi dia dapat mengurangi performans untuk yang dibutuhkannya saat balapan. Dia terlalu jauh, jadi dia dapat belajar dan mengembalikannya. Kemudian itu menjadikannya lebih aman saat lomba yang sesungguhnya berlangsung.”

Ditanya mengapa Lorenzo terlihat prustasi saat sesi latihan, Zeelenberg menambahkan:

“Dia mencoba melakukan start yang bagus saat sesi latihan, dan juga dia membuat segalanya untuk membuat motor menjadi wheelie atau berputar [bannya] atau apapun yang akan dicari untuk mendapatkan setingan terbaik saat balapan dimulai.

"Berkali-kali dia [Lorezo] komplain saat sesi latihan dan aku katakan "Ya..... tapi Kamu di saat trek itu kotor!! Kita tidak perlu set up terlalu banyak di saat trek kotor." Tetapi, kita dapatkan yang terbaik saat balapan.”

Yang susah adalah di musim depan, ketika ECU baru yang lebih sederhana wajib di gunakan.

Ilustrasi betapa pesatnya sistem elektronik yang digunakan pabrikan Yamaha dibandingkan dengan kelas terbuka, dapat dilihat saat Valentino Rossi start balapan di belakang saat di Valencia.

”Lihat saat kamera dari Heli, ketika Vale start dari belakang di Valencia dan bagaimana dia melaju melewati pembalap yang tidak mempunyai kontrol elektronik peluncuran, " terang tim Manajer Tech 3, Herve Poncharal. ”Saat lurus, gas dibuka. Tidak banyak pembalap yang bisa melakukannya. Itulah perbedaan dari elektronik

adsence

“Jadi, bisa dipastikan Yamaha dan Honda akan  mundur dari elektronik yang sekarang dibandingkan dengan ECU yang baru tahun depan. Dan sekarang mereka sedikit khawatir, tapi itu akan mengurangi apa yang telah kita lihat saat di Valencia waktu lalu. Nantinya semua pembalap akan lebih dekat dan akan membuat balapan ini lebih menegangkan......”

Berharap saja seperti itu....

By dedung Motogp