Phillip Island

Satu lagi pembalap MotoGP yang akan absen mulai tahun depan. Tak akan ada lagi nama Hiroshi Aoyama di line-up pembalap MotoGP tahun depan. Rider asal Jepang ini memutuskan untuk meninggalkan tim San Carlo Honda Gresini dan pindah ke ajang World Superbike.


Di ajang Superbike, Aoyama akan memperkuat tim Honda. Dia akan berpartner dengan pembalap Irlandia Utara, Jonathan Rea.

"Saya telah membalap di MotoGP selama beberapa tahun terakhir dan itu benar-benar telah jadi pengalaman hebat bagi saya. Saya benar-benar ingin berterima kasih kepada (manajer tim) Fausto Gresini, semua staf, dan teknisi atas periode luar biasa dalam karier saya," cetus Aoyama di Autosport.

"Sekarang, saya punya kesempatan untuk pindah ke Superbike bersama Honda dan Ten Kate Racing dan saya sangat senang dengan tantangan baru ini. Saya tak tahu banyak soal Superbike, tapi saya benar-benar berharap bisa bekerja baik bersama tim baru saya," sambung pembalap berusia 29 tahun ini.

Sementara itu, Fausto Gresini berharap Aoyama akan sukses dalam petualangan barunya di Superbike.

"Hubungan kami dengan Aoyama adalah saling menghargai dan menghormati dan saya harap waktunya bersama Gresini telah membantu keriernya berkembang di kategori yang sedemikian sulit seperti MotoGP," kata Gresini.

"Musim depan dia akan memulai petualangan baru di Superbike. Saya berharap dia sukses dan saya harap dia akan menemukan determinasi dan motivasi untuk menang," tuturnya.

Aoyama dipromosikan ke kelas MotoGP pada tahun 2010 setelah jadi kampiun kelas 250cc pada tahun sebelumnya. Tapi, dia tak bisa bicara banyak pada musim debutnya akibat kecelakaan di MotoGP Inggris.

Pada musim ini, Aoyama untuk sementara menduduki peringkat kesepuluh klasemen pembalap. Dia kalah bersaing dengan rekan setimnya Marco Simoncelli yang tampil menjanjikan.

Pabrikan Jepang tanpa orang Jepang...ironis..