16 September 2011

Aragon - Ducati akan mengambil langkah pertama dalam perubahan desain radikal nya di mesin MotoGP Desmosedici, ketika Valentino Rossi mengganti serat karbon menjadi aluminium dibagian depan selama akhir pekan ini di sirkit Aragón.

Tujuh kali juara MotoGP, yang keenam di kejuaraan dunia dengan hanya satu podium dari 13 balapan untuk Ducati nya, akan memiliki satu motor dilengkapi dengan sasis aluminium setelah tes positif dengan motornya untuk 2012 di Mugello minggu lalu.

Namun Rossi menegaskan bahwa Ducati tidak meninggalkan konsep-anggota, yang melihat mesin yang digunakan sebagai bagian dari frame

"Ini bukan rangka[aluminium], "jelas Rossi." [penekanan mesin] filosofi Ducati tetap sama. Bagian depan motor agak sedikit berbeda dan itu alumunium dan bukan serat karbon tidak seperti sebelumnya"

The Doctor mengklaim bahwa perubahan telah dibuat dalam rangka untuk mempercepat pengembangan GP11, karena aluminium dapat dimodifikasi lebih cepat

"Ini soal waktu berkaitan dengan materi, "katanya." Kami harus bekerja, untuk mencoba memahami, dan dengan aluminium kami mengurangi waktu lebih banyak daripada dengan karbon".

Itu membuka pintu untuk kembalinya potensial dari serat karbon, setelah flex benar telah diidentifikasi menggunakan aluminium, tapi setelah seperti musim yang sulit banyak yang meragukan bahwa Rossi akan mengubah kembali.

"Ini langkah pertama, kita akan terus bekerja dan kita akan kembali dan berusaha di posisi depan," tambah Rossi.

Ducati mengambil pendekatan berteknologi rendah ras-frame untuk memenangkan sejak 2003 musim debut MotoGP, menggunakan jenis yang sama dari desain teralis baja yang digunakan dalam Superbikes, tetapi telah membuat serangkaian perubahan besar

Pertama mesin Ducati menjadi 'stres' dan pada tahun 2009 Desmosedici menggunakan serat karbon untuk kedua bagian depan dan lengan ayun belakang.

Tapi sementara serat karbon, dalam teori, lebih disesuaikan dalam hal menciptakan fleksibilitas yang diinginkan dari aluminium, hanya Casey Stoner yang mampu mencapai sukses.

Dengan Rossi dan tim mekanik juga berjuang untuk membuat kemajuan yang jelas, Ducati tampaknya menuju sesuatu yang lebih dekat ke (tanpa tekanan) rangka twin-spar alumunium yang digunakan oleh semua musuh MotoGP nya.

Rekan setimnya Nicky Hayden tidak diharapkan untuk mendapatkan chassis yang direvisi dan akan terus dengan GP11.1.