3 Oktober 2011
Motegi, Jepang

Juara bertahan MotoGP, Jorge Lorenzo selamat dari musibah terjatuhnya Valentino Rossi di tikungan kedua saat lomba baru dimulai di sirkit Motegi, Jepang.

Tahun kemaren, ditempat yang sama, di Motegi dia sempat bertarung dengan Rossi untuk memperebutkan posisi ke 3, tapi kali ini jelas pembalap Italia itu yang menderita paling parah.

Lorenzo bersikukuh dia tidak tahu bahwa insiden itu menimpa mantan rekannya dulu di Yamaha, Rossi, membiarkan itu terjadi yang menyebabkan pembalap Ducati itu terjatuh.

"Saya membuat start yang buruk, sungguh mengerikan dan kehilangan posisi dan kemudian saya hampir terjatuh di tikungan ke 2 ketika Rossi sepertinya telat mengerem," kata Lorenzo kepada Crash.

"Saya tidak tahu yang terjadi. Saya sampai tanya ke mekanik 'pembalap mana yang menabrak ban belakangku' setelah balapan, karena saya merasa terdorong dan hampir jatuh. Mereka bilang itu Rossi, tapi saya benar-benar tidak tahu. Saya harus melihat tayangan ulangannya."

Kemudia Lorenzo berada di posisi 4, kemudian di posisi 2 setelah Casey Stoner, Andrea Dovizioso serta Super Sic kehilangan posisi akibat kesalahan dan masuk pit akibat penalti.

Akhirnya yang tersisa hanya pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa yang berada 1 detik didepannya - dan pembalap Yamaha itu ada kemungkinan untuk menjuarai balapan di Motegi, tetapi Pedrosa tetap tangguh didepan.

“Balapan kali ini sungguh aneh, Casey melebar ditikungan menurun dan Dovi kena penalti. Saya berfikir kemungkinan bertarung dengan Dani untuk meraih kemenangan, karena Dani normalnya bertarung sedikit lebih dari ku, tapi trek ini memberikan inspirasi untuknya. Dia layak menang dan saya tidak bisa mengikutinya," yakin Lorenzo.

Dengan kembalinya Stoner di posisi 3, Lorenzo sekarang sedikit mendekati poinnya dengan sisa 40 poin dibelakang Stoner dengan tersisa 75 poin dikeseluruhan balapan.

“Ini bukan balapan yang menarik, tapi banyak kejadian aneh," kata tim manajer Wilco Zeelenberg. "Tentu kita menginginkan menang, tapi Dani semakin cepat setiap lapnya.

"Kita menambah 4 poin, dan masih tersisa 40 lagi. Kita masih punya harapan dan nanti kita akan liat balapan berikutnya. Dengan tersisa 3 ronde lagi kita harus berusaha dan memperpanjang keinginan Casey menjuarai musim ini, sampai saat itu kita masih ada harapan.”

Teman setim Lorenzo, Ben Spies keluar jalur bersamaan Rossi terjatuh dan akhirnya dia harus puas di poisi 6 .