Lorenzo dalam sesi tanya jawab

Berita MotoGP 2015 : Salah Dua Kali, Lorenzo Tidak Menyesal

Pembaca yang masih setia dengan berita motoGP. Jorge Lorenzo merasa terpukul tangan kanannya dan harapan perebutan juara MotoGP 2015, ketika ia jatuh pada kecepatan tinggi di tikungan 15 dalam keriuhan balap  MotoGP, Missano Minggu (13 September 2015) kemarin.

Pembalap Spanyol telah terlibat dalam duel dekat dengan rekan setim dan saingannya, Valentino Rossi, tapi bencana melanda melalui tikungan cepat 15 tak lama setelah mengganti motor dengan ban kering.


Perlombaan dimulai pada ban licin (kering, red) lalu kemudian pembalap dipaksa berpindah ke ban basah karena rintik-rintik hujan berubah menjadi deras. Setelah memimpin balapan, Lorenzo mempertahankan keunggulan tipis atas Marc Marquez dan Rossi selama pit stop pertama.


Baca juga : Markuez menang di Missano, Rossi ke Lima dan Lorenzo terjatuh

Lorenzo kemudian kalah dari Rossi selama hujan masih mengguyur, dengan Marquez merunduk keluar dari pertempuran untuk kembali ke slicks dengan sepuluh putaran lagi - keputusan yang akhirnya membuat pembalap Honda itu menang.

Sebaliknya, geng biru adalah yang terakhir masuk pitstop, dan berjudi dalam kemenangan. Berbicara di paddock Misano pada hari Minggu malam, Lorenzo menjelaskan alasannya untuk tetap keluar begitu lama.


"Mungkin Anda bisa menang jika Anda masuk pitstop dan mengubah ke slicks lebih awal, tetapi jika Anda terjatuh [dalam basah] Anda dapat kehilangan kejuaraan," katanya kepada crash.net. "Jadi itu sebabnya, mengetahui bahwa saya kedua, saya menunggu sedikit untuk melihat apa yang Valentino lakukan, karena jika kami berdua masuk pit pada saat yang sama, dengan ban kering, mungkin aku bisa lebih cepat dari dia setelah itu.


"Tapi kalau aku masuk pit [sebelum Rossi] dan kemudian hujan mulai turun aku bisa jatuh dan terluka, atau ia mungkin menang dan saya akan kehilangan 25 poin. Untuk alasan ini saya memutuskan untuk tetap berada di luar. Mungkin aku membuat kesalahan. Salah satu dari dua kesalahan hari ini.


"Mungkin saya perlu percaya lebih apa yang tim katakan pada papan pit karena mereka melihat waktu putaran dan semuanya. Tapi sekarang sudah terlambat dan itu tidak layak mengeluh karena hal itu dilakukan. "


Lorenzo memang akhirnya masuk pit satu lap sebelum Rossi. Sudah terlambat untuk memenangkan perlombaan, tetapi bisa saja cukup untuk melwati #46. Namun tantangan Lorenzo tidak terbayar, ketika ia  jatuh dengan derasnya ke gravel.


"Kesalahan kedua adalah setelah perhentian kedua. Itu sangat sulit untuk pemanasan ban dan membiasakan dengan ban licin lagi, "katanya. "Ketika (Scot) Redding melewati saya begitu cepat saya kehilangan sedikit kesabaran, karena saya merasa saya akan terlalu lambat dan perlu buru-buru atau mereka semua akan mendekati saya.


"Itu sebabnya untuk satu saat aku tidak memperhatikan bahwa tikungan ini [15] adalah kiri setelah beberapa ke kanan. Anda harus berhati-hati di sana bahkan di saat kering. Aku tidak memperhatikan faktor ini dan saya masuk terlalu cepat untuk suhu ban belakang. Itu adalah kesalahan, karena jika saya lebih sabar, tempat kedua atau ketiga mungkin akan menjadi milikku. "


Penghiburan Lorenzo adalah bahwa sinar-X dikesampingkan pada tangan kanannya, sementara Rossi hanya menempati posisi kelima, hasil terburuknya musim ini. Namun demikian, The Doctor kini selisih 23 poin dengan lima balapan tersisa.


"Kami harus positif, tidak ada gunanya mengeluh atau menyesali apa pun," katanya tenang dan santai. Lorenzo, bantalan goresan terlihat di lengan bawahnya. "Aku membuat dua kesalahan-kesalahan ini. Saya akan mencoba untuk belajar dari itu untuk masa depan. Sekarang 23 poin, tetapi selama tahun ini kami sebelumnya mendapat 29 poin di empat balapan.


"Jadi mungkin saja bisa terjadi lagi, atau bahwa Valentino dapat membuat beberapa kesalahan. Pasti ia akan memiliki beberapa tekanan, karena sekarang ia memiliki lebih banyak kehilangan daripada menang. Saya memiliki lebih sedikit kehilangan dibandingkan terutama Silverstone dan juga di sini.


"Jujur dalam kondisi kering saya merasa siap untuk memperjuangkan kemenangan di semua trek. Tapi jelas kita tidak perlu balapan lebih seperti hari ini atau Silverstone. Ini benar."


Dia bercanda: "Hari ini tidak hanya hari saya. Aku sedang membuat balap Formula Satu di Playstation dan aku kehabisan bahan bakar di lap terakhir. Jadi saya bahkan tidak bisa menyelesaikan balapan pada Playstation! "


Putaran berikutnya akan diadakan di rumah fans Lorenzo di Aragon, Spanyol di mana ia menangan dalam balapan basah satu tahun yang lalu.



Jadi, salah dua kali, tidak membuat Lorenzo menyesal ya .... 


oleh Peter McLaren