Berita motoGp :  Lorenzo, Mahkota MotoGP ke Tiga Ekstra Spesial

Jorge Lorenzo mengatakan gelar MotoGP Dunia ketiga adalah lebih istimewa mengingat bahwa ia kini telah meraih mahkota kelas utama bersaing 'tiga pengendara terbesar abad ke-21'.

Lorenzo mencopot gelar pembalapRepsol Honda Marc Marquez dan mematahkan gelar juara dunia kesepuluh rekan setimnya di Movistar Yamaha, Valentino Rossi,  di balapan terakhir musim ini di Valencia di Spanyol.

Majorcan kejuaraan ketiga terasa di kelas elit sepeda motor ini memiliki signifikansi ekstra, menunjukkan bahwa ia juga telah dinobatkan juara ketika bersaing Casey Stoner - bulu katanya hilang dari topi Marquez.

"Aku tahu kejuaraan ini sangat penting karena bagi saya, Valentino yang lebih tua dari saya, Casey yang kurang lebih usia yang sama seperti saya dan Marc yang lebih muda: bagi saya mereka adalah tiga rival terberat saya tetapi secara umum, di saya pendapat di abad ke-21, mereka adalah pembalap terbaik dan untuk dapat menang di sini adalah tujuan saya dan saya merasa sangat bangga, "kata Lorenzo dikutip crash.

"Jika Valentino adalah juara dia bisa mengatakan itu, tapi Marquez tidak bisa mengatakan itu karena Casey telah pensiun sudah, jadi itu sangat penting bagi saya untuk menang."

Menutup klimaks ke salah satu final MotoGP paling kontroversial yang pernah, Lorenzo mengaku ia terpaksa melakukannya dengan cara yang keras pada akhirnya, mengatasi defisit tujuh poin untuk Rossi di balapan terakhir tahun ini untuk mengamankan gelar dengan beda lima poin .

"Ada begitu banyak drama di minggu-minggu terakhir, di balapan terakhir; di balapan terakhir, itu tidak bisa lebih emosional atau sulit untuk kedua pengendara dan akhirnya di 17 balapan saya tidak bisa memimpin kejuaraan dengan beberapa poin - hanya aku bisa menyamai Valentino di beberapa balapan, "katanya.

"Akhirnya di saat terakhir, di balapan terakhir, saya bisa memenangkan kejuaraan dunia ketiga saya di MotoGP - kelima dalam karir saya - jadi saya sangat emosional, super bahagia dan bangga dan saya hanya ingin menikmati ini dengan tim saya dan dengan orang-orang yang membuat ini mungkin terjadi; dengan Yamaha dan semua tim saya yang membuat hal ini terjadi.

"Kami memenangkan segala sesuatu yang mungkin dan kami membuat sepeda terbaik di tahun 2015, jadi saya sangat bangga menjadi bagian dari ini."

Melihat kembali ke awal kampanye, Lorenzo mengatakan dia tidak bisa membayangkan memenangkan gelar setelah awal yang buruk untuk kejuaraan yang membuatnya mendekam 29 poin di belakang Rossi.

"Terutama dua balapan pertama menjadi mimpi buruk karena kami memiliki potensi, tapi untuk beberapa alasan kita tidak pernah mencapai podium; di Qatar untuk masalah dengan helm, di Austin aku tidak sempurna dan di Argentina kami memiliki beberapa masalah dengan ban, "kata Lorenzo.

"Jadi, tidak pernah naik podium dan kami memiliki 29 poin kelemahan tapi akhirnya di Jerez kami menemukan perasaan yang baik, motor yang baik dan kami memenangkan empat balapan berturut-turut.

"Kami tinggal di podium untuk beberapa balapan tapi kami memiliki beberapa periode buruk dalam beberapa balapan. Saya bisa menjadi sangat kompetitif dalam praktek tetapi tidak dalam beberapa balapan dan terutama dalam hujan dan untuk kecelakaan di Misano, saya kehilangan banyak poin lagi, "tambahnya.

"Lalu akhirnya, untungnya, kita bisa memulihkan semua poin dalam empat balapan terakhir: begitu banyak drama, tapi akhirnya kejuaraan ada di tangan kita.

"Itu adalah kejuaraan yang sangat keras pada umumnya dan mungkin balap yang paling sulit dalam hidup saya karena ada banyak tekanan di grid, pada awal dan banyak ketegangan pada sepeda."

by dedung MotoGP