Berita MotoGP : Ini Tanggapan Riders MotoGP Soal Ban Michelin

Hai pembaca berita motoGP, seperti yang kita tahu, setelah balapan selesai di Valencia, Minggu yang lalu, kini, Selasa di Valencia itu bukan pertama kalinya pembalap MotoGP telah menguji ban Michelin tahun depan, tapi itu pertama kalinya mereka dipublikasikan bisa berbicara tentang hal itu.

Ban merek Perancis mengambil alih dari Bridgestone, yang telah menjadi pemasok ban tunggal sejak 2009.

Selasa juga pertama kalinya bahwa hasil waktu putaran secara resmi tersedia di tes Michelin, dengan beberapa pembalap yang sudah lebih cepat dari akhir musim balapan Minggu. Manusia tercepat Marquez hanya beberapa persepuluh lebih lambat dari lap Jorge Lorenzo terbaik pada saat kemenangan pada hari Minggu.

Kebalikannya adalah bahwa, seperti dalam tes sebelumnya, ada sejumlah yang mengalami masalah di bagian depan - 12 pengendara tepatnya: Marquez, Crutchlow, Pol Espargaro, Aleix Espargaro (dua kali), Laverty (dua kali), Vinales, Bautista, Bradl, Miller, Rabat dan Iannone.

Kecelakaan yang disebabkan oleh pergeseran keseimbangan grip dari ban depan yang dominan dengan Bridgestones mendominasi belakang dengan Michelins. Ini adalah apa yang beberapa pembalap MotoGP harus mereka katakan setelah satu hari:

Marc Marquez: (Repsol Honda, 1):
"Itu tidak memulai begitu baik. Sudah pada lap keempat saya punya kecelakaan kecil. Ban bekerja berbeda tergantung pada aspal. Pasti dengan Bridgestone Anda pergi ke salah satu sirkuit dan lain dan mereka bekerja benar-benar mirip tapi saya sudah merasa ini, dari Misano ke Aragon. Saya mengatakan mungkin itu suhu. Kami datang ke sini lagi dan mereka bekerja sama sekali berbeda.

"Di Aragon kami memiliki banyak masalah dengan bagian belakang. Setelah sepuluh lap, semua benar-benar hancur. Yang depan adalah lebih baik tapi tidak begitu buruk. Ini salah satu [yang kami uji di sini] yang depan adalah sulit untuk memahami. Kami melihat banyak crash karena tidak ada peringatan. Anda merasa baik, baik, baik, baik. Bahkan 1m 31.5s adalah lap yang baik tetapi Anda merasa bahwa Anda dapat lebih cepat. Ketika Anda kehilangan bagian depan tidak mungkin untuk saat ini, kita masih perlu memahami cara untuk memilih motornya.

"Tentu saja sekarang Anda harus mengurangi tekanan ban depan. Dengan Bridgestone itu luar biasa depan. Michelin luar biasa belakang. Tapi kemudian Anda harus menekankan lebih sedikit tetapi Anda harus mendapatkan kompromi dalam titik pengereman dan juga di tikungan cepat. Jika Anda kurangi tekanan dalam titik pengereman kemudian di tikungan cepat Anda merasa terlalu ringan dan Anda kehilangan [ban] depan. Masih ada tanda tanya dan semua orang sedang mencoba untuk menemukan cara terbaik menungganginya dan cara terbaik untuk mengatur motor. "

Andrea Iannone: (Ducati Team, 2):
"Saya sangat senang tentang ban, nuansa dari awal benar-benar baik. Aku sedikit terkejut, karena begitu banyak orang berbicara tentang ban ini [michelin] sebagai ban yang buruk dibandingkan dengan Bridgestone, mengatakan terutama di depan, itu bencana ... Ketika saya mencoba pertama kalinya di Misano, perasaan itu tidak begitu buruk , tapi tidak seperti hari ini. Hari ini dari awal itu benar-benar baik. Juga kecepatan, dan juga motornya. Saya senang.

"Pada saat ini, ban depan bagi saya adalah sempurna. Dengan Bridgestone, itu benar-benar penting Anda tiba dengan pengereman di tengah sudut. Dengan ban ini, tidak ada. Karena [ban] belakang mengurangi kecepatan lebih dibandingkan dengan Bridgestone. Dengan Michelin Anda menggunakan lebih ban belakang, dengan Bridgestone Anda menggunakan ban depan. Ini dua gaya yang berbeda. "

Dani Pedrosa: (Repsol Honda, 3):
"Ini seperti jika Anda bilang kau sudah mengendarai Honda di masa lalu, jadi sekarang kembali ke Honda. Dalam setiap produsen, jika itu untuk motor, atau ban atau pasta, gaya adalah sama, cukup banyak. Mungkin momen dan motor yang berbeda dan gaya berkendara yang berbeda, tapi cara mereka tahu bagaimana membuat ban adalah hampir sama. Ya [saya merasa nyaman]. Hari ini saya sedang menguji dua kali yang pertama hanya dengan motor 2015, kemudian setelah itu kami mengubah ke elektronik baru, jadi saya hanya bisa mengatakan tentang ban untuk dua kali yang pertama. "

Maverick Vinales: (Suzuki Ecstar, 4):
"Hari ini kami telah berfokus terutama dalam menemukan perasaan dengan ban baru dan penilaian saya sejauh ini sangat positif dan saya merasa nyaman dengan mereka. Saya bisa lebih efektif dalam pengereman sebagai bagian belakang sangat stabil, memungkinkan saya untuk menjadi efektif di pintu masuk sudut dan juga di sudut-speed.

"Karakter ban ini berbeda dari yang sebelumnya, kita perlu untuk lebih memahami bagaimana mereka bereaksi dan kecelakaan aku hari ini adalah bukti ini: Aku tiba-tiba kehilangan bagian depan tanpa peringatan; Perasaan saya adalah bahwa mereka memiliki banyak-banyak grip di belakang tapi masih beberapa ketidakpastian tentang depan. Ini akan mempengaruhi gaya saya berkendara, karena saya mungkin harus memuat depan lebih untuk tetap lebih stabil. "

Jorge Lorenzo: (Movistar Yamaha, 5):
"Pada awalnya sulit untuk mendapatkan waktu putaran yang baik, tapi dengan mengubah pengaturan dari motor sedikit demi sedikit, kami meningkatkan perasaan [ban] depan cukup sedikit. Kami tidak memecahkan masalah sepenuhnya. Saya sekarang memiliki perasaan yang saya pikir semua orang memiliki; saat masuk tikungan kita kehilangan sedikit stabilitas dan juga ketika mencapai maksimal dengan throttle, [ban] depan dapat menutup tiba-tiba jika Anda mendorong begitu banyak. Ini kebalikan untuk ban belakang, itu fantastis! Ini luar biasa grippy dan memberikan Anda perasaan yang sangat baik. Kita perlu bekerja sedikit lebih untuk [ban] depan. "

Cal Crutchlow: (LCR Honda, 6):
"Aku punya kecelakaan kecil tapi benar-benar itu adalah kesalahan saya sendiri dan saya mendorong cukup sulit di lap itu dan membuat kesalahan kecil. Hari ini adalah tentang pengujian beberapa bagian untuk mereka [Honda] dan membiasakan untuk ban sedikit dan melihat batas; Marc menemukannya di tiga lap dan saya menemukannya di delapan lap

"Michelin melakukan pekerjaan yang besar datang ke sini dengan 24 pembalap yang memiliki motor Bridgestone sepanjang tahun dan sepanjang akhir pekan. Saya membuat komentar sebelumnya di tahun yang tak seorang pun mengubah pengaturan motor mereka terhadap Michelin dan juga gaya berkendara mereka, tapi saya pikir mereka sekarang dan saya pikir kita semua harus bekerja sama.

"Ada tidak begitu banyak perbedaan [di ban sejak tes Aragon] dan saya pikir kami telah melihat hari ini bahwa tidak ada perbaikan besar-besaran. Ini adalah sirkuit yang sulit, tetapi Anda tidak melihat bahwa banyak crash pada tes sebelumnya, "

Pol Espargaro: (Tech 3 Yamaha, 7):
"Ada banyak crash seperti yang kita semua mencoba untuk beradaptasi dan kita tidak bisa berharap semuanya sempurna segera setelah kami mulai. Saya tahu bahwa Michelin bekerja keras untuk meningkatkan ban depan, yang merupakan masalah utama saat ini, tapi saya juga harus mengatakan bahwa kompoun belakang sudah benar-benar baik. "

Bradley Smith: (Tech 3 Yamaha, 8):
"Saya pikir itu adalah kombinasi dari hal. Saya tidak dapat berbicara untuk produsen lain, tapi aku tahu bahwa kami perlu untuk menggeser cukup banyak keseimbangan motor kami lebih ke arah ujung depan motor kami. Itu sesuatu yang saya sadari sewaktu di Aragon dan terus melakukan sedikit di sini. Tetapi juga profil ban depan dari Michelin ke Bridgestone berbeda. Terutama bahwa kontak Patch perasaan berbeda. Hampir merasa seperti kita lebih seperti segitiga. Yang OK jika Anda mengambil mantap.

"Saya pikir banyak pengendara akan kembali ke mungkin kecenderungan Bridgestone dan terutama ketika Anda punya pegangan di [ban] belakang dan mencoba mencari waktu lap. Saya menemukan sejenis hal di sejenis tikungan untuk orang lain; mengubah 3, mengubah 5 aku punya saat-saat saya sendiri di sana juga pada motor baru. Hanya di mana aku seperti 'Aku punya keyakinan sekarang dan menjentikkan dalam seperti yang akan saya lakukan biasanya. Itu bukan cara untuk melakukannya. Mereka hanya perlu berkendara dengan cara yang sedikit berbeda. Anda tidak dapat mengharapkan dua manufaktur untuk membangun persis ban yang sama. Sebagai pengendara kita harus menyesuaikan. "

Aleix Espargaro: (Suzuki Ecstar, 9):
"Hari ini telah menjadi sedikit aneh karena itu adalah pertama kalinya dalam karir saya bahwa saya telah jatuh dua kali di hari yang sama. Tentu saja, ban baru berarti banyak pekerjaan untuk menyesuaikan gaya berkendara karena perilaku mereka cukup aneh; sekarang kami memiliki sangat baik melakukan [ban] belakang dan [ban] depan yang masih perlu perbaikan. Bahkan, dua crash aku yang karena kurangnya tiba-tiba pegangan di [ban]depan.

"Yang pasti, gaya berkendara harus berubah; Saya perlu mendorong lebih di depan dan mengambil keuntungan dari positif Michelins baru ini. Memiliki banyak-banyak grip di bagian belakang berarti bahwa saya dapat mengambil motor segera di pertengahan tikungan dan membuka throttle sebelumnya. Tentu saja kita perlu juga mengubah set-up mesin; sejauh ini kami fokus untuk mendapatkan impresi kami dari ban tanpa perbaikan besar dalam motor, jadi kita sekarang akan mulai mengubah mesin. "

Andrea Dovizioso: (Ducati Team, 10):
"Titik yang baik adalah ban memiliki potensi benar-benar baik. Jika Anda melihat waktu lap dari semua orang itu benar-benar cepat sehingga ini baik. Tapi mereka benar-benar berbeda. Pendekatan garis, pengereman, intensitas harus berbeda sehingga tidak mudah. Apa yang kita lihat hari ini saya tidak berpikir  sudah tingkat semua orang. Saya pikir ada margin besar dari pengendara dan terutama dari motor untuk meningkatkan.

"Kami harus cerdas dan mengikuti mereka tentang cara untuk meningkatkan. Bagi saya titik terbesar untuk meningkatkan adalah gerakan. Saya percaya kami memiliki banyak grip di bagian belakang dan menciptakan semua gerakan dibagian depan . Itu sebabnya banyak pengendara jatuh. Dengan pegangan bahwa itu sangat sulit untuk merasa ketika Anda kehilangan [ban] depan. Itu sebabnya pengendara jatuh.

Juga, ketika Anda berada di sudut maksimum dengan motor dan Anda perlu untuk mentransfer ke belakang, itu sangat mudah untuk kehilangan [ban] depan. Ini adalah konsekuensi dari belakang, tidak depan sehingga sulit untuk mengelola. "

Scott Redding: (Pramac Ducati, 11):
"Saya merasa cukup baik di Michelin. Belakang adalah OK, saya mencoba keras tapi itu tidak besar di sirkuit ini dan dengan bagian depan saya hanya mencoba lembut yang sedikit terlalu lembut tapi besok kami akan mencoba keras. Saya tidak bisa mendapatkan suhu ke belakang keras, ban depan tidak buruk tapi Anda harus mengubah gaya berkendara Anda, karena Anda tidak dapat menyerang tikungan sekeras yang Anda bisa di Bridgestone.

"Beberapa kali hari ini [ban] depan mulai menutup pada saya ketika paksakan, kecepatan yang sama, sudut dan rem rilis yang sama, tetapi hanya setengah meter kemudian gas dan kemudian saya membebani itu. Anda tidak bisa melakukan itu dengan Bridgestone tetapi Anda dapat pada [ban] lembut Michelin. "

Valentino Rossi: (Movistar Yamaha, 12):
"Ban belakang sangat mirip dan Michelin baik, ia memiliki pegangan yang sangat baik. Depan adalah perbedaan besar. Kita perlu memahami berapa banyak beban berat  ban ini berbelok maksimal. Kita perlu beberapa waktu lagi. Kita harus memahami pengaturan motor dan setelah sedikit juga gaya berkendara. Tapi perbedaan terbesar adalah mencoba untuk meningkatkan pengaturan. "

Jack Miller: (Marc VDS Honda, 15)
"Michelin adalah ban yang baik, dan itu sudah benar-benar menyenangkan bekerja dengan mereka, tapi Anda mengambil kebiasaan lama berkendara pada Bridgestones yang tidak bekerja pada Michelin - dari depan.

"Bagian belakang benar-benar baik yang datang dari Bridgestone, dan depan juga sangat, sangat baik - tapi baik dengan cara lain dari Michelin. Yang lama adalah cara Anda bisa rem dengan begitu banyak tekanan pada tikungan, tapi yang satu ini ada baiknya arah lain - sehingga Anda harus menyesuaikan motor dan gaya saya berkendara.

"Ini tidak begitu banyak bahwa Anda harus jejak rem kurang; Anda masih harus melakukannya sama, tetapi Anda tidak dapat menggunakan sebanyak pada tikungan. Anda harus tetap tegak, melepaskannya sedikit lebih saat Anda menghidupkan di - dan jika Anda tidak, Anda kehilangan bagian depan, karena banyak orang, termasuk saya sendiri, menyadari hari ini!

"Ini persis seperti bagaimana Anda naik motor 250GP - Saya pernah naik satu, tapi dari apa yang saya tahu dan menganggap itu adalah sama. Kami memiliki kecelakaan kecil saat ini, dengan banyak lap pada ban dan sama seperti kita sedang bersiap-siap untuk dimasukkan ke dalam yang baru - dan itu baru saja pergi dari kami ".

Yonny Hernandez: (Aspar Ducati, 19)
"Michelin yang sama sekali berbeda, depan terasa sedikit aneh dan saya tidak memiliki perasaan yang baik sehingga saya tidak mendorong terlalu keras atau mengambil risiko pada hari pertama. Ada cukup crash beberapa hari ini jadi aku mengambilnya stabil. "

Eugene Laverty: (Aspar Ducati, 21)
"Bagian belakang telah pasti punya pegangan. Kami mengalami masalah dengan grip belakang sepanjang akhir pekan, pada masuk dan keluar tapi sekarang bahkan ketika ban itu cukup digunakan masih memiliki pegangan, jadi itu bagus.

"Bagian depan saya tidak bisa mengerti, tapi jelas pengaturan garpu depan cukup jauh dari apa yang saya butuhkan jadi saya tidak bisa mendorong depan belum memahami ban tapi masalahnya bukan ban itu di dalam garpu, sehingga secara bertahap ketika kita mulai membuat perubahan kecil kita akan mulai belajar. "