crash.net

Berita MotoGP :  Rossi Salahkan Marquez Akibat Hilangnya Titel Juara

Pembaca yang budiman, Valentino Rossi memperbarui serangannya terhadap Marc Marquez setelah gagal mendapatkan gelar juara dunia MotoGP Minggu, di Valencia.

Rossi menyaksikan tujuh poin menguap atas rekan setimnya di Yamaha ketika harus finis keempat - mulai dari posisi paling belakang  - dikombinasikan dengan kemenangan bagi Lorenzo.

Marquez membayangi Lorenzo sepanjang balapan, tampak dekat dengan pembalap Yamaha tetapi tidak pernah berkesempatan melewatinya. Pasangan ini kemudian ditangkap oleh Dani Pedrosa di akhir balapan.

Untuk Rossi, fakta Marquez tidak mencoba menyalip adalah bukti ia "ingin menyelesaikan pekerjaannya" dan "melindungi Lorenzo", label balapan terakhir sebagai "memalukan" dan "buruk bagi olahraga".

Rossi berada di posisi belakang akibat bentrokan dengan Marquez di Sepang - beberapa hari setelah memicu perseteruan publik dengan pembalap Spanyol dengan menuduhnya mencoba membantu Lorenzo di Phillip Island.

Pembalap Italia itu cepat memotong pembalap lain di Valencia, mencapai batas realistis di tempat keempat dengan lap 13 dari 30. Dengan Lorenzo, Marquez dan Pedrosa yang telah lama pergi - harapan kejuaraan Rossi bergantung pada kedua Repsol Honda mengalahkan Lorenzo.

Itu tidak terjadi dan balapan selesai dengan Marquez 0.263s dari Lorenzo dan Pedrosa + 0.654s. Rossi, tidak pernah menuju ke 2.015 poin hingga saat ini, sehingga melihat gelar juara dunia kesepuluh menyelinap pergi dengan hanya lima poin selisihnya.

"Ini adalah akhir dari kejuaraan yang saya pribadi, dan juga saya pikir banyak orang, tidak ingin melihat karena itu adalah musim yang hebat, dengan pertempuran besar dengan Marquez dan terutama Lorenzo," kata Rossi, yang berbicara di depan audiens campuran media, tamu Movistar Yamaha dan VR46 anggota klub penggemar - beberapa di antaranya yang menangis.

"Saya berpikir bahwa kejuaraan ini memiliki potensi untuk menjadi salah satu yang terbaik dari tahun-tahun terakhir karena pertempuran dengan Jorge bisa tiba di titik terakhir di balapan terakhir.

"Tapi sayangnya di tiga balapan terakhir sesuatu berubah dan terjadi sesuatu yang tak seorang pun diharapkan. Pertama-tama saya, tetapi juga banyak orang. Marc Marquez yang memutuskan untuk melindungi Lorenzo untuk membantu dia memenangkan kejuaraan.


"Jadi masalah mulai di Phillip Island dan menjadi lebih buruk dan lebih buruk. Kami tiba di Malaysia di mana sayangnya kita sentuh dan Marquez kecelakaan. Kemudian saya belajar pada hari Kamis bahwa saya harus mulai terakhir di sini - saya sudah tahu kejuaraan saya selesai karena saya yakin Marquez ingin menyelesaikan pekerjaannya dan mencoba untuk melindungi Lorenzo juga di balapan terakhir.

"Saya mengatakan ini sudah hari Kamis dan itu terjadi persis seperti yang saya harapkan.

"Hari ini lomba itu cukup memalukan. Lap terakhir saya pikir itu cukup buruk bagi semua olahraga, karena terjadi sesuatu yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Saya tidak putus asa [kehilangan gelar] karena saya pikir saya bermain kartu saya dengan cara yang terbaik, tapi aku sangat sedih dengan selesainya.

"Saya siap untuk kehilangan kejuaraan. Jorge, yang selalu sangat cepat, tetapi cara ini bagi saya tidak adil."

Marquez menyangkal pernah membantu Lorenzo: Juara dua kali itu [Marq], mengambil lima poin dari pembalap Yamaha dengan melewati dia untuk kemenangan di Phillip Island, mengutip masalah ban depan untuk kecepatan berfluktuasi, dan bersikeras ada yang tidak biasa dalam pertarungan edan di Sepang sampai Rossi membuat tindakan ekstrim.

Dan Valencia?

Marquez mengatakan jika ia mencoba untuk membantu Lorenzo ia telah lima detik di belakang, tidak menerapkan tekanan konstan dari beberapa jarak motor. The # 93 menambahkan bahwa akhir serangan direncanakan untuk memimpin tidak pernah terwujud karena ia kehilangan waktu ketika Pedrosa mencoba melewatinya.

Crash.net meminta Rossi untuk menanggapi penjelasan Marquez.

"Bagi saya jika Anda memeriksa balapan dari Marc Marquez dalam dua tahun terakhir yang Anda tahu dia selalu mencoba untuk menyalip dan minimum di lap terakhir. Jadi pertanyaannya adalah, mengapa Marc Marquez tidak pernah mencoba menyalip Jorge Lorenzo dan tidak pernah mencoba untuk membuat satu upaya di lap terakhir? "Jawab Rossi.

"Situasi menjadi sangat memalukan bagi Pedrosa, karena Pedrosa jauh [belakang] dan di lap terakhir ia pulih dua detik, yang berarti bahwa itu adalah laju Jorge dan Marquez hanya menunggu.

baca juga :

Pendapat Marquez dan Pedrosa Tentang Konspirasi Spanyol




"Dan bagi saya, dia [Marquez] suka bahwa itu adalah jelas bahwa ia membantu Lorenzo, karena setelah ketika ia melepas helm dia hanya mengatakan itu tidak benar. Tapi, ketika dia tahu aku akan melihat televisi dan jelas bahwa ia membantu Lorenzo, bagi saya dia senang. "

Rossi juga berubah pandangannya pada Honda: "Posisi Honda sangat aneh. Saya tidak tahu bagaimana produsen dapat disepakati bahwa salah satu pembalap yang membuat Yamaha menang dan mencoba untuk melawan hanya dengan rekan satu timnya [Pedrosa]. Ini sangat aneh. Tapi tulus aku tidak mengerti. "

Berbicara kepada media Italia Rossi, lebih jauh, bercabang serangan untuk memasukkan kritik Lorenzo (untuk pasca Sepang komentarnya) dan penyelenggara kejuaraan (untuk tidak menangani masalah Rossi setelah Australia atau Malaysia).

Opini paddock tetap dibagi apakah Marquez bisa mencoba untuk melewati Lorenzo pada hari Minggu, atau berada di batas hanya untuk tinggal bersamanya.

Lainnya berdebat apakah tempat terakhir mulai membuat perbedaan apapun untuk hasil kejuaraan, dengan Rossi hanya pengaturan lap tercepat kelima lomba.

"Hari ini saya tidak terlalu cepat tapi itu benar juga bahwa dengan ban baru pada awal balapan saya berada di balapan dan tidak bisa memberikan maksimal. Untuk yakin apakah saya bisa mulai dalam posisi normal saya dapat mencoba untuk melakukan sesuatu, mencoba untuk melawan dengan Jorge. "

Bagaimanapun, tuduhan yang dibuat oleh Rossi di musim 2015, di mana tantangan gelarnya pada usia 36, berakhir pada catatan suram.

Pembalap Italia itu memenangkan tujuh kejuaraan antara 2001 dan 2009, namun spiral dimulai dengan patah kaki pada tahun 2010, diikuti oleh dua musim tanpa kemenangan di Ducati.

Sebuah rasa pahit tahun 2013 melihat Rossi memenangkan perlombaan pada saat kembali Yamaha, tapi digagalkan oleh Lorenzo. Perubahan kejutan dari kepala kru menggarisbawahi bahwa Rossi tidak puas untuk membuat angka-angka dan ia berbalik tabel pada Lorenzo tahun lalu, meskipun kedua jauh di belakang Marquez semua-menaklukkan.

Rossi beradu dengan Marquez di Argentina dan Assen pada paruh pembukaan musim ini (sejak The Doctor yang mengklaim pembalap berusia 22 tahun itu telah menyimpan dendam) kemudian menghabiskan putaran tersisa terkunci dalam duel juara menegangkan dengan Lorenzo.

Meskipun Rossi tidak pernah menuju ke poin hingga saat ini, Lorenzo telah mengalahkannya di balapan kering sejak liburan musim panas dan dibuat sama nilainya dengan Rossi setelah Brno (putaran 11 dari 18).

Rossi kemudian mengeksploitasi kelemahan Lorenzo dalam cuaca campuran bash kering di Silverstone, Misano dan Motegi, lalu dibalas Lorenzo di Aragon dan Phillip Island.

Kemudian datang putaran dramatis ketika Rossi itu dihukum untuk sengaja memaksa Marquez lebar,
sehingga jatuh, di Sepang putaran kedua dari belakang.

Pembalap Italia itu akhirnya terkena tiga poin penalti, yang dikombinasikan dengan satu poin dari Misano yang berarti ia harus berada posisi terakhir di Valencia. Rossi mengambil kasusnya ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) - meminta tidak hanya untuk hukuman Sepang harus dikurangi, tetapi ditunda sampai keputusan tersebut akhir dibuat.

CAS menolak permintaan Rossi pada hari Kamis, ketika pengendara yang terlibat diberitahu oleh Dorna dan FIM untuk menahan diri dari berbicara lebih jauh tentang insiden itu untuk menenangkan ketegangan yang semakin besar.

Itulah kejadian yang terjadi sebenarnya sampai hari ini ....

Masih ada balapan tahun depan Rossi, buktikan kembali ....