Berita MotoGP : Perebutan Gelar di Mulai dari Nol
 Jorge Lorenzo memimpin Kejuaraan Dunia MotoGP untuk pertama kalinya sejak 2013, di Brno, Minggu.

Meskipun poin sama dengan rekan setimnya di Yamaha, Valentino Rossi, pemimpin sejak ronde pertama di Qatar, Lorenzo secara resmi di depan karena unggul jumlah kemenangan perlombaan.
Rossi finish ketiga pada hari Minggu, di belakang kedua Lorenzo dan Honda Marc Marquez.

"Aku punya sedikit lebih banyak tekanan hari ini karena saya tahu dalam diriku bahwa ini adalah kesempatan untuk memenangkan perlombaan dan memulihkan beberapa poin dengan Valentino," kata Lorenzo di kutip Crash.net.  
"Sekarang dengan Vale kita mulai kejuaraan lain bersama-sama, dari nol seperti balapan pertama, dan kami akan melihat apa yang terjadi.
"Saya punya kelemahan dari 29-poin [setelah putaran tiga], kemudian sedikit demi sedikit, kami memenangkan empat balapan berturut-turut, dan terutama setelah dua balapan terakhir saya bisa mendekatinya," tambahnya.
"Namun perbedaan tahun ini adalah bahwa Vale mencapai tingkat konsistensi yang luar biasa yang berarti bahwa, bahkan memenangkan lima balapan, jika saya tidak bisa di podium, itu akan sulit untuk melawan dia.

"Jadi dari saat ini sampai balapan terakhir di Valencia tujuan saya adalah untuk menjaga selalu naik podium. Untuk menang ketika saya bisa dan finis kedua atau ketiga ketika tidak mungkin. Seperti ini saya pikir saya bisa bertarung di Valencia untuk kejuaraan, atau siapa tahu mungkin bahkan sebelum. " Lanjut dia berapi-api.

Diminta membandingkan kekuatan mereka saat ini, Lorenzo menjawab: "Saya pikir gaya balap kami sangat mirip. Kami sangat halus, kecepatan di tikungan. Kami sangat konsisten dengan waktu putaran kami saat balapan. Kami tidak membuat begitu banyak kesalahan.

"Mungkin dia mengerem lebih keras dan menggunakan berbagai jenis pengaturan untuk rem lebih keras dan kemudian, dan karena itu ia memiliki beberapa keuntungan. Tapi aku punya kecepatan di tikungan. Jika saya merasa lebih baik pada motor, saya bisa sangat cepat, terutama konsistensi dengan waktu lap saya."Jadi itu tergantung pada jalur dan bagaimana kita merasa. Hal ini dapat membuat perbedaan di balapan berikutnya. "

Lorenzo merasa kemenangan Brno nya juga merupakan pukulan serius bagi harapan juara dua kali, Marc Marquez. Dengan posisi ke dua di belakang Lorenzo, bintang Honda itu hanya dapat empat poin lebih dekat ke puncak, berarti dia masih menghadapi kesenjangan 52 poin.

Sementara Lorenzo kini bernilai sama dengan rekan setimnya Rossi di puncak klasemen, Marquez telah pindah 56-52 poin di belakang dengan sisa tujuh seri lagi. Marquez tidak pernah kehilangan gelar MotoGP sejak bergabung kelas pada tahun 2013, tetapi mengakui itu semakin sulit untuk menyelamatkan mahkota tahun ini.