Rossi telah absen dalam empat lomba pada tahun ini.
Juara dunia MotoGP Valentino Rossi di luar dugaan bisa turun di Grand Prix Jerman hari Minggu ini.
Pembalap tim Fiat Yamaha berusia 31 tahun itu tadinya diperkirakan harus absen selama enam bulan menyusul cedera yang ia alami di Mugello 5 Juni lalu.
Namun pada 7 Juli Rossi telah mulai latihan dan akan ambil bagian dalam sesi lomba di Brno, Republik Ceko.
"Setelah melakukan uji coba pada hari Senin, Rossi akan memutuskan apakah akan turun dalam lomba di Jerman," demikian bunyi pernyataan tim Fiat Yamaha.
Bila bisa kembali berlomba, berarti Rossi mengalami kemajuan yang luar biasa dalam beberapa hari terakhir.

Absen empat seri

Pergelangan kaki dan bahu saya masih sakit. Saya tak bisa bebas menggerakkan dua bagian tubuh saya itu.
Usai latihan dengan sepeda motor Yamaha YZF-R1 di Misano Italia pekan lalu, Rossi mengatakan belum pulih sepenuhnya dan masih merasa nyeri.
"Pergelangan kaki dan bahu saya masih sakit. Saya tak bisa bebas menggerakkan dua bagian tubuh saya itu," ujar Rossi.
Sebelum kecelakaan di Mugello, Rossi belum pernah sekali pun melewatkan seri lomba.
Akibat cedera, ia harus absen dalam empat seri selama musim balap tahun ini.
Untuk sementara Rossi berada di posisi tujuh klasemen pembalap dengan 104 poin sedangkan urutan teratas ditempati rekan satu timnya, Jorge Lorenzo, unggul 52 poin atas Dani Pedrosa.
Musim balap tahun ini masih menyisakan 11 lomba.
Muncul spekulasi Rossi akan pindah ke tim Ducati dalam musim balap tahun 2011.