30 September 2010

Kali ini balapan akan di gelar di Motegi. Kilas balik balapan di Motegi yang akan di helat selama 12 kali Minggu ini menjadi topik yang menarik untuk dibahas.

Berikut sejarah perhelatan MotoGP yang di adakan di Motegi, Jepang:

1999/Japanese GP
Pertama kalinya balapan di sini, Kenny Roberts Jr. memenangkan lomba yang diiringi hujan besar dalam balapan 500cc race, dari posisi pole, memakai motor Suzuki. Posisi ke dua yaitu pemegang juara Dunia Mick Doohan dengan pahlawan tuan rumah Norick Abe diposisi ke tiga. Ada juga pertunjukan yang menarik dikelas yang lebih kecil dengan Shinya Nakano (Yamaha) memenangkan balapan 250cc dari Tohru Ukawa, dan Masao Azuma (Honda) menang di balapan 125cc race dari Hideyuki Nakajoh.

2000/Pacific GP
Hanya satu Minggu setelah menggondol titel juara Dunia di Rio, Kenny Roberts Jr. mengulangi kemenangan tahun sebelumnya di Motegi - kali ini cuacanya kering, dimana Valentino Rossi mengawali debutnya di kelas Utama. Fokus utama penonton malah ada di balapan 250cc antara Daijiro Kato (Honda) dan Shinya Nakano (Yamaha). Roberto Locatelli (Aprilia) menang dikelas 125cc dan merebut gelar juara Dunia.

2001/Pacific GP
Valentino Rossi memenangkan balapannya pertama kali di Motegi dari Alex Barros dan Loris Capirossi di kelas 500cc. Ini adalah kesempatan terakhir buat ketiganya dipodium memakai Honda V-4 2tak NSR500 - mesin ini punya sejarah yang sukses dalam perhelatan GP. Sekali lagi kelas yang lebih kecil dimenangkan pembalap tuan rumah; Tetsuya Harada(Aprilia) di 250cc dan Youichi Ui (Derbi) di kelas 125cc.

2002/Pacific GP
Alex Barros menang dalam debutnya mengendarai V5 Honda 4tak. Kedua Valentino Rossi, kemudian Loris Capirossi. Toni Elias (Aprilia) menjadi yang pertama bukan dari pembalap Jepang yang menang di kelas 250cc di Motegi. Ketiga adalah Yuki Takahashi yang pertama kali membalap pada umur 18 Tahun. Dani Pedrosa (Honda) mendominasi di kelas 125cc menang dari posisi pole dan membuat rekor baru.

2003/Pacific GP
Dalam podium Honda menang, Max Biaggi menang dari Valentino Rossi, lalu Nicky Hayden di posisi ketiga - menjadi podium pertamanya dalam debutnya di MotoGP. Makoto Tamada juara ke tiga, tetapi kemudian di diskualifikasi karena " membalap dengan alasan membahayakan pembalap" ketika menyalip Sete Gibernau. Pembalap spanyol kembali mengambil kelas 250cc, Toni Elias (Aprilia) mengulangi kemenangannya tahun sebelumnya dan Hector Barbera (Aprilia) menang di kelas 125cc didepan musuh MotoGPnya sekarang Casey Stoner dan Andrea Dovizioso.

2004/Japanese GP
Setelah enam pembalap tereliminasi dari balapan dalam insiden tikungan pertama, Bridgestone punya dua pembalap menang bersamaan di podium di MotoGP untuk pertama kalinya - pemenangnya Makoto Tamada (Honda) dan posisi ke tiga Shinya Nakano (Kawasaki). Ini podium pertama Kawasaki dikelas utama sejak Kork Ballington juara ke tiga di Imatra, Finlandia tahun 1981 memakai 4tak selaras. Youichi Ui finish di posisi 15 di MotoGP mengawali balapan memakai mesin Harris WCM menjadi pembalap pertama sejak Anton Mang tahun 1977 mencetak angka di dua kelas, yaitu 125cc dan kelas utama dalam satu musim. Dikelas 250cc, Dani Pedrosa (Honda) menang dari teman senegaranya Toni Elias, di kelas 125cc dimenangi Andrea Dovizioso (Honda) untuk memenangkan gelar Juara Dunia.

2005/Japanese GP
Loris Capirossi (Ducati) mendominasi kelas MotoGP, menang dari pole dan membuat rekor baru. Ini dimenangkan pertamakali oleh motor selain buatan Jepang yang di adakan di Jepang. Max Biaggi kedua - penampilan podium ke 111 yang terakhir di GP. Hiroshi Aoyama (Honda) memberikan kemenangan untuk tuan rumah di kelas 250cc dan Mika Kallio (KTM) menang di kelas 125cc.

2006/Japanese GP
Ketiga pemenang mengulangi suksesnya di tahun 2005, yang berubah hanya kali ini Aoyama memakai KTM di kelas 250cc. The three winners from 2005 all repeated their success, the only change being that this time Aoyama was riding a KTM in the 250cc class. Ini kesempatan terakhir pembalap Jepang itu menang di GP Jepang.

2007/Japanese GP
Loris Capirossi menang ke tiga kalinya di Motegi, dalam kondisi kering, menghasilkan pembalap untuk mengganti motor dalam balapan. Teman setimnya, Casey Stoner finnish di posisi 6 dan memenangkan titel Juara Dunia. Mika Kallio (KTM) menang ke tiga kalinya di Motegi - kali ini di kelas 250cc. Mattia Pasini (Aprilia) menang dalam balapan basah dalam kelas 125cc yang mana pembalapnya terjatuh sampai 20 pembalap.

2008/Japanese GP
Valentino Rossi menang pertama kalinya dikelas MotoGP di Motegi, memenangkan titel Juara Dunia nya yang ke 6 di kelas para raja. Marco Simoncelli (Gilera) menang di kelas 250cc dan memberikan Dunlop kemanangan berturut-turut sebanyak 200 kali. Stefan Bradl (Aprilia) menang di kelas 125cc.

2009/Japanese GP
Tahun 2009 balapan di Jepang menjadi ronde kedua dan diadakan di April. Jorge Lorenzo (Yamaha) menang pertama kalinya dalam kejuaraan GP di Motegi; Alvaro Bautista (Aprilia) menang di kelas 250cc dan Andrea Iannone (Aprilia) di kelas 125cc. Masing-masing pembalap ini meninggalkan pembalap Jepang dalam pimpinan titel Juara Dunia, tetapi ketiganya tidak bisa meraih titel Juara dunia.