14 April 2011

Tidak ada cara cepat untuk mengatasi perubahan peraturan ban basah MotoGP, yang dapat menentukan tipe trek seperti yang terjadi di Jerez, Spanyol.

Itulah perdebatan yang terjadi antara 3 pembalap jawara di Jerez, - Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa and Nicky Hayden.

Ronde ke dua MotoGP sebenarnya trek kering, tetapi di pertengahan lomba, membuat aspal menjadi kering basah, yang membuat motor menjadi licin.

Peraturan di MotoGP sekarang, hanya mengizinkan 1 ban basah setiap acara, dan di Jerez, Birdgestone membuat ban lembut sebagai pilihannya, yang mengakibatkan banyak kejadian di Jerez.

Setelah itu, para pemenang kemarin juga berpendapat, jika ada pilihan ban basah, kemungkinan bisa lebih membantu.

"Saya kira tergantung motornya, beberapa motor bisa menghemat ban lebih dari yang lain, dan juga dari gaya membalapnya,” kata pemenang lomba, Lorenzo. “Jika anda lembut, anda bisa menghemat lebih banyak ban.

“Hari ini(03 April 2011) menjadi sulit, karena kondisi aspal tidak sepenuhnya basah, jadi ban lebih buruk dari biasanya. Tapi tidak jadi masalah buat saya. Semua pembalap punya ban yang sama, jadi kita harus bisa masing-masing.”

Juara kedua, Pedrosa juga tidak terlalu berkomentar, dan dia juga tertarik dengan perubahan aturan itu.

“Dengan peraturan sekarang kita hanya punya 1 ban basah,” kata Pedrosa. “Bisa lembut, bisa juga medium, tergantung pilihan Bridgestone.

“Seperti situasi hari ini(03 April 2011), ban bisa menjadi sangat lembut, tapi bisa jadi lain situasi bisa kebalikannya - dimana ban menjadi medium dan kita tidak bisa buka gas penuh dan akibatnya kita bisa jatuh.

“Memang idealnya kita punya pilihan ban basah...[tetapi] saya kira [peraturan itu] bisa diatur. Kita pernah minta itu dulu, dan mereka bilang 'Tidak'. Mungkin mereka akan mempertimbangkan lagi. Itu bisa bagus.”

Hayden, yang menjadi juara ke tiga, menekankan bahwa kejadian aneh di Jerez menjadi pemicu kelemahan Bridgestone.

“Saya tidak mau mengeluh, karena saya tidak ingin mereka membuat ban yang lebih keras,” kata Pembalap Amerika itu. “Mudah untuk membuat perubahan yang radikal setelah kejadian itu, tetapi kondisi ini - bukan hanya karena hujan, tapi juga hangat dan pinggirannya juga kasar.

“Jadi, saya seperti Dani. Saya memilih ban yang lebih lembut lalu terlalu keras. Terus terang, jika kita punya dua pilihan, bisa menjadi pilihan menarik.

“Tetapi, ketika semuanya sama, saya rasa kita bisa dengan satu pilihan itu. Saya lebih senang dual kompon ban basah. Malah kita harus punya itu setiap saat, karen mungkin ini lebih baik.”

Peraturan MotoGP, untuk ban kering, pilihan lembut dan keras dipergunakan untuk ban depan dan belakang.