Silverstone, 15 Juni 2010

Casey Stoner kembali memenangkan kejuaraan MotoGP. Kali ini Silverstone yang menjadi saksinya, dengan kondisi basah-basah kuyup.

Semenjak Rossi tahun 2003, baru kali ini Stoner memenangkan 3 kali berturut-turut dalam 1 musim.

Di awal lomba, Stoner sempat mengalami masalah dengan kaca helmnya. Dia sempat dibalap oleh Lorenzo dan Andrea di awal balapan. Tetapi setelah dia merasa nyaman, baru dia bisa mengalahkan lawannya dengan jarak yang sangat jauh, 15.159detik dari Andrea.

Dengan jatuhnya Lorenzo, posisi poin mereka sekarang terpaut 18 poin.

"Di awal balapan, saya tidak bisa mengejar lawan, dan saya harus menunggu ban benar-benar mendekati temperatur aman," kata Stoner. "Di beberapa lap awal, saya dibelakang beberapa pembalap, dan itu menyebabkan kaca helm saya penuh dengan cipratan air, dan itu sulit buat saya melihat kedepan.

"Saat itu saya benar-benar hati-hati, beruasaha untuk menutup jalur saya agar pembalap lain tidak masuk, kemudian setelah 5 lap, penglihatan saya mulai kelihatan dan air di kaca helm saya sudah turun, barulah saya mulai mengejar barisan depan.

"Saya senang bisa diatas motor terus, cuacanya benar-benar dingin dan saya gugup dengan kondisi ini, karena mudah terjatuh!! Kita punya balapan yang bagus hari ini walaupun dalam kondisi ekstrim dimana semua bisa terjadi, tetapi menang disini sungguh fantastis!".

Dibarisan kedua ada Andrea yang duel dengan Lorenzo dan Simoncelli, tetapi Lorenzo jatuh di lap 9, kemudian di ikuti oleh Simoncelli di lap 11.

“Saya senang dengan podium hari ini. Posisi kedua sudah seperti emas buat saya." kata Dovi, yang sekarang poinnya beda 15 dengan Lorenzo. "Kondisinya benar-benar sulit, karena aspalnya tertutup air. Pagi ini kita memodifikasi motor di bagian belakang dan itu menjadi berbuah manis.

"Itu membantu ban belakang lebih cepat mendekati temperatur aman. Saya punya start yang bagus kemudian saya fokus di belakang Stoner. Saya berusaha mendekati Lorenzo dan Simoncelli. Dengan mengikuti ritme Stoner, maka saya selamat.

"Saya ingin berterimakasih kepada tim yang telah bekerja keras. Musim ini masih panjang, jadi saya harus masih fokus kedepan”. tutup Dovi

Ronde ke 7 nanti akan di adakan di Assen, Belanda tanggal 25 Juni, jadi saksikan lagi aksi seru mereka ya....dan kita nantikan Pedrosa semoga sudah sembuh disana dan kembali meramakikan posisi depan.

Hasil Balapan MotoGP Inggris

Pos-Pembalap-Tim-Waktu
1. Casey Stoner AUS Repsol Honda Team 47m 53.459s
2. Andrea Dovizioso ITA Repsol Honda Team 48m 8.618s
3. Colin Edwards USA Monster Yamaha Tech 3 48m 14.939s
4. Nicky Hayden USA Ducati Marlboro Team 48m 20.443s
5. Alvaro Bautista ESP Rizla Suzuki MotoGP 48m 29.028s
6. Valentino Rossi ITA Ducati Marlboro Team 48m 57.985s
7. Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing 49m 26.109s
8. Toni Elias ESP LCR Honda MotoGP 49m 45.397s
9. Hiroshi Aoyama JPN San Carlo Honda Gresini 49m 45.809s
10. Loris Capirossi ITA Pramac Racing Team 49m 56.771s
11. Hector Barbera ESP Mapfre Aspar Team 48m 10.582s
12. Randy de Puniet FRA Pramac Racing Team 48m 13.094s

Tidak Finis:
Marco Simoncelli
Jorge Lorenzo
Ben Spies