03 Oktober 2011
Motegi, Jepang

Alvaro Bautista dan Suzuki sempat membuat podium selama 6 lap di Motegi, Jepang Minggu (02/10/2011).

6 di akhir lap 1, pembalap Spanyol itu beranjak ke posisi 3 setelah kejadian dan penalti didepannya.

“Saya start tidak terlalu bagus karena beberapa pembalap melakukan jump-started dan saya sedikit bingung oleh mereka dan ketika lampu menyala merah saya sedikit terlambat. Kemudian ada pembalap jatuh ditikungan ke dua dan saya berada diposisi bagus," terang Bautista.

"Beberapa putaran kemudian beberapa pembalap masuk pit karena kena penalti dan saya berada di posisi 3, saya sadar itu bukan posisi saya yang sebenarnya.!"

Bautista tetap memepertahankan posisi hingga di putaran 12 dari 24 putaran, ketika Casey Stoner sudah kembali lagi dibelakangnya.

Di tahap berikutnya, pembalap Respol lainnya, Andrea semakin mendekat juga ketika dia sudah melakukan penaltinya - dan Bautista terus menekan GSV-R nya sedikit lebih keras dalam upayanya mempertahankan poisinya, dan akhirnya terjatuh di putaran 14.

"Ketika Casey melewatiku dan saya melihat jarak antara saya dengan Andrea - yang ada dibelakangku - dan sisa putaran, saya berusaha mengikuti Stoner dan terus memberikan jarak dengan Andrea," tutur Bautista.

"Mendekati tikungan akhir saya kehilangan kendali di ban depan dan langsung masuk gravel. Kita (tim) telah bekerja keras minggu ini dan melakukan kemajuan di musim ini, dan di balapan ini posisiku sudah bagus. Hari ini (02/10/2011) keberuntungan tidak dipihak kami.!

“Saya minta maaf ke seluruh tim karena hasil ini akan sangat berarti bagi mereka jika saya tidak terjatuh dan saya minta maaf kepada Suzuki di rumahnya ini (Jepang) karena kami menginginkan hasil yang bagus."

Posisi 4 akan menjadi pencapaian terbaik Bautista selama mengikuti lomba MotoGP dan posisi yang bagus untuk Suzuki semenjak tahun 2008.

“Ketika pembalap anda terjatuh dalam posisi ke 4 di kandang sendiri itu dapat diartikan sebagai mengecewakan!!" kata kepala tim Paul Denning. "Bagaimanapun juga kita harus mengambil hikmahnya- performa GSV-R bagus dikondisi dingin dan mendung, Alvaro telah mendapatkan posisi yang bagus dikualifikasi dan kita juga bagus saat balapan.

“Alvaro tidak bodoh dan balapan tinggal 10 putaran lagi dan Dovi hanya tertinggal 7 detik dibelakang, dia tahu dia harus berusaha keras - 5 atau 6 mungkin bisa jadi raihan terbaiknya. Itulah balapan; itu kejadian terjatuh diposisi kecepatan tinggi dan untungnya alvaro tidak terluka, jadi balapan masih tersisa dan kita terus menatap kedepan.”

Baguslah untuk menghibur diri...hiks...