Akhirnya, Marco Simoncelli melakukan debutnya mengendarai mesin 1000cc di tes tertutup, Motego, Senin (03/10/2011).

Tes itu sendiri dilakukan sehari setelah balapan MotoGP di gelar disana, dan ini menandakan bahwa pembalap berambut keriting itu telah diperpanjang kontraknya oleh HRC, dan dia tetap berada di Honda Gresini dengan dukungan penuh pabrikan untuk musim 2012.

Simoncelli bergabung  di MotoGP bersama Gresini sejak tahun 2010 dan hanya bisa mencicipi mesin 800cc.

“Hari besar itu telah tiba dan saya akhirnya bisa mencicipinya (mesin 1000cc) bersama San Carlo Honda Gresini musim depan. Sungguh pengalaman yang fantastis merasakan RC213V dan saya ingin berterimakasih kepada HRC atas kesempatan ini," tuturnya kepada crash.net.

Tidak ada kejelasan tentang waktu yang dibuatnya, tetapi Sic mengatakan waktunya sama dengan memakai mesin RC212V.

"Saya menyelesaikan 50 putaran dan cepat beradaptasi dengannya, setingan mesin pun sama dengan RC212V. Diakhir balapan saya telah memberikan saran dan hasilnya, yang mana bisa menjadi pengembangan untuk musim depan," katanya lagi.

"Sekarang saya ingin berlibur di pulau Boracay, suatu tempat di Pilipina sebelum balapan di gelar lagi di Australia.”

Simoncelli merupakan pembalap ke 7 yang merasakan mesin 1000cc setelah Casey Stoner (Honda), Dani Pedrosa (Honda), Jorge Lorenzo (Yamaha), Ben Spies (Yamaha), Valentino Rossi (Ducati) dan Nicky Hayden (Ducati).