20 Agustus 2010

Berikut laporan dari Hyacintha Bonafacia yang mewancarai Boss Yamaha MotoGP tentang keputusan Rossi pindah ke Ducati, pensiunnya Furusawa dan lainnya.......
Salah satu alasan Valle pindah adalah pensiunnya Masao Furusawa.

Rossi pernah bilang akan ketakutannya akan apa yang terjadi di Yamaha bila tanpa Furusawa, semenjak 2003 tinggal yang sangat menginginkannya- mengakui dia sangat menginginkan Rossi pensiun dengannya akhir musim ini.

”Saya tidak akan meninggalkan Yamaha, tetapi tetap sebagai pemberi saran," Kata Furusawa seperti yang di katakannya kepada Koran Jakarta, Indonesia.

"Saya ingin Valle pensiun dengan saya dan menjadi ambasador Yamaha. Saya merindukan posisinya sebagai ambasador bersama saya.
“Saya punya keinginan diluar MotoGP. Hidup tidaklah terlalu panjang," katanya lagi menambahkan.

Furusawa dan Rossi telah memenangi balapan MotoGP 45 kali dan 4 juara Dunia bersama sejak 2004.

"Valle dan saya telah berdiskusi tentang masa depan lewat email dan berdialog berdua beberapa kali," katanya. "Pada dasarnya saya kecewa akan kepindahannya, tetapi Valle telah membuat keputusan untuk mencari tantangan baru. Sekarang saya mendukung dia sampai akhir musim ini. Valle dan saya telah bersama selama 7 tahun untuk mendapatkan keinginan yang sama di MotoGP.

"Sekarang waktu untuk pergi ke langkah berikutnya."

Banyak perdebatan telah memicu berita-berita bahwa Yamaha tidak mengizinkan Rossi untuk mengikuti tes setelah balapan selesai akhir musim ini. Furusawa berkomentar bahwa ini "terlalu awal untuk dikatakan, karena nilai dari kerjasama bisnis yang profesional."

Ketika ditanya tentang kesuksesan Rossi di Ducati - yang mana terakhir tahun 2007, tetapi belum pernah menang musim ini - Furusawa mengkomentari :

“Saya tahu keuntungan dan kerugian dari sepedamotor Ducati. Masalahnya apakah Rossi bisa memecahkannya, dan Ducati bisa mengikuti rekomendasinya."

Rossi menang pada ronde pertama musim ini di Qatar, tetapi di kalahkan oleh rekan setim nya Lorenzo pada 2 balapan sebelum kakinya patah pada ronde ke 4. Rossi kembali ke ronde 8, tetapi tetap dia belum bisa mengalahkan rekan setimnya yang telah menang 7 kali.

"Yamaha telah memenangi 8 balapan dari 10 balapan sejauh ini. Ini bagus buat Yamaha walaupun Valle cedera," kata Furusawa. "Selama setengah babak musim ini, saya mengharapkan akan ada pertarungan besar antara Lorenzo, Rossi, Casey dan Pedrosa."

Pertarungan besar atau tidak, Lorenzo sekarang mengumpuli 77 poin didepan Pedrosa dengan 8 balapan lagi dan siap-siap menjadi pemenang. Furusawa mengklaim tidak terkejut oleh penampilan pembalap mudanya itu, yang mana terlihat finis lebih dari 1 detik.

”[Saya tidak terkejut] karena statistik memperlihatkan bahwa Jorge menang satu balapan dan Valle menang 9 balapan tahun 2008, lalu Jorge menang 4 balapan dan Valle menang 6 balapan tahun 2009. Anda dapat bayangkan yang terjadi tahun 2010 buat Jorge.

"Saya rasa poin terkuat dari Jorge adalah stabilitas dan taktik dalam balapan," lanjutnya. " Valle tetap kuat seperti dulu. Dia telah merasakan sakit setelah kecelakaan, tetapi performanya bagus dan mentalnya tetap kuat."

Lorenzo sebentar lagi dipastikan berkendara bersama Ben Spies di Yamaha Factory Team tahun 2011. Spies, juara Superbike, adalah pembalap debutan dan pembalap tim satelit, yang sudah sekali naik podium.

"Ben cukup bagus. Dia berusaha untuk belajar di MotoGP dan lebih dari superbike. Kelakuannya dapat menjadi kunci untuk beradaptasi di MotoGP," kata Furusawa.(dedung)

By Hyacintha Bonafacia