18 0ktober 2010

"Sebuah pilihan yang sulit buat saya, tapi jalan ini mungkin menjadi tempat memulihkan kondisi saya dan berfikir tentang masa depan" - Mika Kallio.

Mika Kallio telah mengkonfirmasikan bahwa balapan di Australian Grand Prix, Minggu kemaren(17/10/2010) adalah balapan terakhirnya di ajang MotoGP.

Pembalap Finlandia itu telah bersama tim Pramac Ducati sejak tahun 2009 dan sekarang dia berjuang dengan rasa sakit di bahunya akibat cidera sewaktu balapan di sirkit Le Mans, Perancis.

Kallio yang gosipnya dua balapan terakhir akan digantikan oleh Carlos Checa akan menjadi kenyataan.

"Semenjak balapan di Jepang saya terus merasakan sakit di bahu kiri, kecelakaan di Le Mans menjadi penyebab luka itu," tandanya. "Saya langsung berbicara dengan tim yang mengerti tentang situasi yang saya alami dan setuju bahwa saya akan berusaha membalap di Malaysia dan Australia dan memutuskan apakah akan melanjutkan atau tidak di dua balapan terakhir."

"Malangnya, walaupun hasil balapan bagus(urutan 11), rasa sakit itu terus saya rasakan dan akhirnya bersama dengan tim, kita memutuskan yang terbaik untuk semua. Merupakan pilihan yang berat untuk saya, tetapi dengan cara ini menjadi jalan untuk memperbaiki kondisi saya dan tentang masa depan saya.

"Saya ingin berterima kasih kepada Paolo Campinoti yang menangani situasi ini dengan baik. Saya juga ingin berterimakasih kepada semua orang di Pramac Ducati yang telah menemani saya selama 2 tahun disini."

Selama debutnya di tahun 2009, capain terbaiknya ada diposisi ke tujuh - yang waktu itu menggantikan posisi Casey Stoner di Ducati - posisi 8 dua kali sewaktu di Pramac Ducati.

Berada di urutan 15 dalam klasemen - menjadi rookie - dengan poin 71, mantan pembalap 125 dan 250cc hanya membuat skor 43 poin selama 16 balapan tahun ini, dengan pencapaian terbaik tahun ini.

Rencananya Kallio akan membalap di Moto2 tahun depan.

Teman setimnya juga punya nasib yang sama, karena gosipnya dia akan digantikan oleh pembalap senior lainnya, Loris Capirossi tahun depan.

Kelihatannya Pramac Ducati mengumpulkan pembalap-pembalap tua untuk mendongkrak penampilannya tahun depan, kita lihat saja nanti.